Kamis, 18 Januari 2024

Tips Capai Resolusi Keuangan Sehat dan Kemandirian Finansial

Hai ketemu lagi dengan saya Betty Deanira disini :)

Kali ini saya mau berbagi 4 Tips Capai Resolusi Keuangan Sehat dan Kemandirian Finansial supaya kita dapat menyusun ulang rencana hidup yang lebih terukur dan realistis di tahun 2024 ini terutama memastikan kesehatan finansial melalui pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Langsung aja berikut ini adalah empat tips mengatur keuangan agar tabungan terus bertambah dan resolusi keuangan dapat tercapai:


Catat pemasukan dan pengeluaran

Permasalahan mendasar dari buruknya pengelolaan keuangan adalah tidak adanya pencatatan penerimaan dan pengeluaran, terlebih untuk pengeluaran-pengeluaran kecil yang seringkali disepelekan, seperti pengeluaran untuk kopi, makan, atau belanja harian via marketplace.

Hal-hal semacam ini yang sering membuat bingung sebagian orang ketika di akhir bulan tidak tahu kenapa uangnya bisa habis tanpa jejak.

Dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran, kita bisa lebih mudah melacak keuangan bulanan kita.

Cara paling mudah adalah dengan membuat pembukuan sederhana di catatan kecil atau kalo Anda perlu format excel nya jangan ragu untuk hubungi saya yaa 😊


Evaluasi gaya hidup dan buat skala prioritas

Tanpa disadari, kita sering membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan hanya karena tergoda tawaran menggiurkan di media sosial.

Bahkan, tidak jarang orang rela berutang dan mengesampingkan kebutuhan utama hanya demi gengsi.

Perilaku impulsif semacam ini kerap menjerumuskan kita kepada gaya hidup boros yang dapat mengacaukan perencanaan keuangan yang sudah dibuat.

Karenanya, penting bagi kita untuk melakukan evaluasi gaya hidup dan pola konsumtif sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Buatlah daftar prioritas kebutuhan mulai dari hal yang sangat penting atau yang mendesak hingga yang kurang penting atau yang masih bisa ditunda. Dengan membuat skala prioritas kita bisa lebih hemat dan menabung atau bahkan investasi.


Buat target realistis dan menabung cerdas

Dalam mengelola keuangan, yang perlu ditetapkan sejak awal adalah sasaran dan target-target masa depan yang sifatnya terukur dan realistis untuk dicapai.

Misal, target untuk jalan-jalan, melanjutkan pendidikan, membeli kendaraan, memiliki hunian, menikah, atau kemandirian finansial saat usia senja.

Target-target tersebut hanya akan menjadi “pepesan kosong” jika tidak dibarengi dengan tahapan perencanaan yang baik serta dukungan finansial yang memadai.

Untuk itu, penting bagi siapa pun untuk mulai mengalokasikan pendapatannya guna memenuhi kebutuhan harian dan tabungan masa depan.


Mulai berinvestasi

Bicara target jangka panjang, dengan kebutuhan pendanaan yang tidak sedikit, terk
adang tidak cukup hanya dengan disiplin menabung.

Perlu instrumen keuangan lain yang dapat memastikan pertumbuhan dana selaras dengan tingkat inflasi setiap tahun.

Untuk itu, investasi menjadi tahapan selanjutnya yang patut dipertimbangkan. Investasi memiliki potensi keuntungan yang lebih besar dari risikonya jika dilakukan dengan strategi yang tepat.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari tahu jenis investasi yang cocok dan sesuai dengan kapasitas keuangan, sekaligus risiko-risikonya. Yang tidak kalah penting adalah adalah jangan sampai investasi mengganggu pos-pos pengeluaran lain.

Karena itu sebelum memulai berinvestasi dan tidak salah langkah, ada baiknya kamu pelajari dulu Video Strategi Menuju Sejahtera Finansial, Bahkan dengan Gaji Di Bawah 8 juta yang sudah saya buat dan dapat kamu akses gratis di link berikut ini: https://tribelio.page/hidupsejahtera

About the Author

Betty Deanira

Author & Editor

Praktisi edukasi keuangan profesional yang bertujuan memberikan pencerahan akan pentingnya kemampuan mengelola pengeluaran dikalangan masyarakat dalam upaya mewujudkan hidup sejahtera.

0 comments :

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *


iklan

 

Copyright © Betty Deanira . All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com