Rabu, 07 Desember 2016

10 Penyakit Dengan Biaya Pengobatan Termahal

Daftar penyakit-penyakit dengan biaya pengobatan termahal ini diambil dari berbagai sumber. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa kesehatan itu memang mahal. Yes! Meningkatnya biaya pengobatan tiap tahun menyebabkan banyak orang berpendapat sama bahwa sehat itu mahal. Ditambah lagi biaya pengobatan beberapa penyakit yang tergolong mahal dibandingkan penyakit lainnya.

Berikut adalah daftar penyakit dengan biaya pengobatan termahal saat ini :

1. Penyakit Mental

Gangguan mental atau sering disebut juga sebagai penyakit kejiwaan adalah pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya terkait dengan stres atau kelainan mental yang tidak dianggap sebagai bagian perkembangan normal manusia. Proses penyembuhan penyakit ini pun tidak sebentar dan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Amerika ongkos penanganan penyakit ini mencapai USD 142,2 miliar, dan meningkat 6% per tahun.

2. Penyakit Jantung
Penyakit jantung koroner atau yang juga dikenal dengan istilah jantung Iskemik. Termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan sekitar 35% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung. Tidak heran jika penyakit ini disebut juga sebagai penyakit pembunuh No.1 di dunia. Penyakit ini bahkan mengalami peningkatan biaya per tahun 5%.

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia yang berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Di Amerika total ongkos penanganan penyakit jantung telah mencapai USD 123,1 miliar. Salah satu penyebab penyakit ini adalah pola hidup yang tidak sehat seperti, jarang berolahraga dan makan makanan berkolestrol, juga semakin banyaknya orang yang merokok menjadi pemicu penyakit ini.

3. Trauma
Penyakit Trauma, adalah penyakit yang terjadi pada bagian saraf. Terjadi karena benturan-benturan kecil yang mengkibatkan fraktur pada penyakit ini, dan benturan keras yang dapat merusak tubuh inilah yang disebut trauma. Trauma sendiri terbagi dalam tujuh bentuk, trauma mekanik, trauma panas, trauma bahan kimia, trauma listrik, trauma biologis, trauma radiasi, dan trauma emosi. Biaya untuk pengobatan penyakit ini pun berbeda-beda, karena setiap kasus mempunyai perbedaan dalam hal cara pengobatannya. Biaya untuk penyakit ini mengalami peningkatan sebesar 6% per tahun. Total ongkos penanganannya sendiri di Amerika mencapai USD 100,2 miliar.

4. Kanker
Kanker dengan biaya pengobatan termahal adalah Kanker Usus Besar, kanker payudara, Kanker Paru-Paru, dan Kanker Prostat. Pengobatan untuk penyakit ini meningkat 7% per tahun. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telh mencapai USD 99,5 miiar. Kanker sendiri adalah sekolompok penyakit yang terjad ketika sel-sel tubuh yang tidak normal tumbuh dan menyebar dengan cepat. Penyakit ini sendiri bisa dihindari dengan menjaga asupan makanan sehat dan menghindari rokok.

5. Paru-paru
Asma, Emphysema (Pembengkakan atau radang paru-paru), dan penyakit Chronic Obstructive adalah penyakit yang termasuk dalam penyakit paru-paru. Radang paru-paru atau Pneumonia adalah kondisi inflamasi pada paru, utamanya mempengaruhi kantung-kantung udara mikrospik yang dikenal sebagai alveolus. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan lebih jarang mikroorganisme. Peningkatan biaya pengobatan penyakit ini meningkat 6% setiap tahunnya. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai USD 64,6 miliar.

Artikel pada Bisnis Indonesia mengenai biaya kesehatan yang terus meningkat - source: koran.bisnis.com


6. Hipertensi
Banyaknya jumlah obat-obatan yang diberikan pada pasien penderita ini juga harga obat yang terhitung mahal, menjadi alasan Hipertensi menjadi salah satu penyakit dengan biaya termahal berikutnya. Total ongkos penangan yang mencapai USD 50,2 miliar di Amerika, serta peningkatan biaya per tahun sebanyak 9%. Hipertensi atau darah tinggi sendiri bisa meningkatkan resiko jantung dan stroke. Karena itu banyak makan buah-buahan, sayur, olahraga, serta membatasi alkohol adalah cara menghindari penyakit ini, Dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara mengelola stres Anda.

7. Osteoarthritis (radang sendi/rematik)
Obesitas dan ukuran pinggang yang membesar adalah faktor yang memperbesar resiko penyakit ini. Mahalnya harga obat-obatan untuk menangani penyakit ini menambah sulit penyembuhan radang sendi ini. Untuk biaya penanganan penyakit ini sendiri meningkat 8% tiap tahunnya, dengan total ongkos mencaapai USD 48 miliar.

8. Ginjal
Adanya metode dialysis atau cuci darah untuk pengidap penyakit ginjal membuat biaya penangan penyakit ini menjadi begitu mahal. Biaya pengobatan penyakit ginjal sendiri meningkat sebanyak 13% per tahun. Total biaya pengobatan penyakit ginjal bahkan mencapai USD 35,9 miliar.

9. Punggung
Tingginya biaya obat bius yang digunakan dalam setiap kali operasi menjadi salah satu faktor banyaknya biaya yang digunakan dalam menangani penyakit ini. Pasalnya pengobatan penyakit jenis ini lebih sering menggunakan dengan cara operasi. Di Amerika, ongkos penanganan penyakit ini mencapai USD 40,1 miliar per tahun, atau meningkat hingga 8% setiap tahunnya.

10. Diabetes
Saat ini di Amerika biaya pengobatan penyakit ini mencapai USD 35,8 triliun. Dan meningkat sebanyak 8% per tahun. Penyakit yang sebagian besar dipicu oleh obesitas ini tidak hanya mahal, akan tetapi juga dapat memicu munculnya penyakit lain seperti kanker maupun penyakit jantung. Ironisnya adalah hampir seperempat orang dengan diabetes tidak tahu mereka memiliki penyakit itu.
Sehat Itu Mahal

Melihat betapa tingginya biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengobati penyakit. Sudah sepatutnya Anda mulai menjaga kesehatan Anda dengan pola hidup sehat. Untuk menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.

Selain pola hidup sehat, kita juga perlu mempersiapkan asuransi kesehatan dengan manfaat tambahan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup sebagai payung perlindungan bagi keuangan keluarga apabila terjadi resiko kesehatan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan?  

About the Author

Betty Deanira

Author & Editor

Praktisi edukasi keuangan profesional yang bertujuan memberikan pencerahan akan pentingnya kemampuan mengelola pengeluaran dikalangan masyarakat dalam upaya mewujudkan hidup sejahtera.

0 comments :

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *


iklan

 

Copyright © Betty Deanira . All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com