Jumat, 05 Mei 2017

Membangun Kebiasaan Menabung yang Fun dan Konsisten

Kebiasaan menabung adalah salah satu kebiasaan yang sangat perlu dimiliki terlebih apabila Anda memiliki keinginan untuk menciptakan masa depan yang lebih bahagia secara finansial. Namun, untuk mampu memiliki kebiasaan menabung yang fun dan konsisten setidaknya diperlukan dua hal...


Pertama – Perlu Teknik Sederhana Menabung

Kunci dari menabung untuk masa depan adalah adanya komitmen awal bahwa apapun extra income adalah untuk tabungan masa depan. Dengan memutuskan ketika hari ini kita menerima apapun income tambahan, besok hari akan kita tempatkan semua atau persentase tertentu ke dalam tabungan.

Dengan melakukan hal ini kita tidak akan merasa kehilangan atau rugi. Kita tidak pernah kehilangan uang yang kita tabung karena kita tidak pernah memilikinya sejak awal karena sudah memutuskan untuk meletakkannya kedalam tabungan.


Usia Mulai Menabung % Gaji yang diperlukan tiap tahun
20 tahun 10% - 15%
30 tahun 15% - 25%
40 tahun awal 25% - 35%

Kedua – Perlu Cara Menabung yang Menyenangkan

Saat kita setuju bahwa sebenarnya menabung itu lebih kepada sebuah kebiasaan, tentu kita juga setuju hal ini tidak ada hubungan nya dengan besaran gaji atau income seseorang. Mengapa? Karena orang dengan gaji kecil dan tidak menabung maka kemungkinan ketika gaji besar juga tidak menabung sebab sejak awal memang tidak terbiasa untuk menabung.

Lalu bagaimana cara membangun kebiasaan menabung? Menabung prinsipnya adalah menyisihkan uang yang kita terima sejak awal sebelum dikurangi pengeluaran dan ini dapat kita latih dengan cara yang menyenangkan. Misalnya kita dapat melatih kebiasaan menabung sesuai tanggal.

Caranya menabung sesuai dengan tanggal dikalikan seribu, misalkan tanggal 1 maka sisihkan uang untuk ditabung 1000, tanggal 2 senilai 2000, tangga 3 senilai 3000 sampai tanggal 30 sejumlah 30.000. Bagaimana mudah bukan? Dalam sebulan maka akan terkumpul sekitar 465 ribu. Mau buat apa? Kita dapat gunakan sebagai dana darurat, atau buat investasi di reksadana ataupun boleh juga untuk makan-makan bersama keluarga.

Nah itulah 2 hal yang setidaknya diperlukan untuk membantu kita membangun kebiasaan menabung yang fun dan konsisten. Tentu saja ini baru langkah awal bagi kita yang mau hidup sejahtera. Masih ada banyak hal yang perlu kita pelajari dan kuasai agar mampu mencapai tujuan keuangan dengan lebih efektif.

About the Author

Betty Deanira

Author & Editor

Praktisi edukasi keuangan profesional yang bertujuan memberikan pencerahan akan pentingnya kemampuan mengelola pengeluaran dikalangan masyarakat dalam upaya mewujudkan hidup sejahtera.

0 comments :

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *


iklan

 

Copyright © Betty Deanira . All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com