Kamis, 13 Juli 2023

4 Hal Penting Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian manusia di dunia dan dikatakan telah menciptakan 17,3 juta kematian setiap tahunnya.

Angka kematian akibat penyakit jantung tersebut juga diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai 23,3 juta pada tahun 2030.
 
Selain itu, fakta bahwa pengobatan untuk penyakit jantung juga sangat besar. Untuk satu kali operasi, biaya yang diperlukan minimal sebesar Rp.50 juta! 

Mungkin bagi Anda yang memiliki banyak uang, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, bagaimana kalau penyakit ini menyerang orang-orang yang dikatakan tidak memiliki banyak aset atau uang dalam jumlah terbatas? Tentu akan sangat menyulitkan. Lalu apa solusi dari masalah ini tanpa harus menghabiskan aset? Tidak lain dan tidak bukan adalah menggunakan asuransi kesehatan.

Memang benar layanan asuransi kesehatan ini akan memberikan Anda proteksi pembiayaan ketika harus menjalani pengobatan yang jumlah biayanya tidak sedikit. Namun perlu diperhatikan, asuransi kesehatan sendiri memiliki banyak jenis yang dapat Anda pilih. Berikut adalah beberapa poin penting sebelum memilih asuransi kesehatan yang tepat:

1. Memilih Perusahaan Penyedia Asuransi Kesehatan

Perusahaan asuransi dengan track record yang baik adalah kriteria pertama untuk dipilih oleh Anda, karena artinya produk dan pelayanannya dapat dipercaya. Umumnya, perusahaan asuransi yang baik mempunyai beberapa cabang. Selain itu, cari tahu juga apakah perusahaan itu sering melakukan fraud atau pelanggaran pada nasabah atau tidak.

Anda dapat menelusuri dan mencari tahu melalui internet. Bandingkan semua jenis, tentunya yang memberikan banyak keuntungan sekaligus sesuai dengan keadaan finansial Anda sekarang. Jangan percaya pada merek besar, dan jangan mudah termakan rayuan agen asuransi yang menawarkan produknya. Kehati-hatian adalah awal dari semuanya.


2. Pelajari Ketentuan Asuransi Kesehatan

Pelajari terlebih dahulu pelayanan seperti apakah yang perusahaan tawarkan dan apa keuntungan yang bisa Anda peroleh. Baca seluruh pasal demi pasal secara mendetail. Pastikan pertanyaan Anda terjawab dengan jelas. Pastikan bahwa polis asuransi telah mencakup biaya kesehatan yang Anda inginkan, seperti biaya rumah sakit, dokter, obat, dan biaya operasi. Semakin banyak hal yang bisa dicover, berarti makin bagus. Meskipun begitu, perhatikan juga nilai preminya.


3. Pilihkan Jenis Asuransi Kesehatan yang Tepat

Pilihlah asuransi yang berdasarkan nilai ekonomis pengganti jika nantinya Anda membutuhkan biaya untuk pengobatan dan bukan karena dilihat dari nilai preminya. Untuk itu, Anda dapat memilih dua sistem asuransi, apakah memilih sistem penggantian (reimbursement) atau sistem provider. Dalam sistem penggantian, Anda perlu menggunakan uang Anda terlebih dahulu ketika melakukan tindakan pengobatan. Setelah itu, Anda perlu mengajukan klaim atau meminta biaya ganti ke perusahaan asuransi. Dengan begitu, uang Anda akan kembali.

Kelebihannya, Anda dapat kebebasan untuk memilih rumah sakit tempat Anda berobat. Tentu saja, maksimal biaya penggantian telah disepakati di awal perjanjian asuransi. Oleh karenanya, Anda perlu memerhatikan dengan baik. Untuk dapat melakukan klaim, Anda perlu melakukan syarat utama, yaitu melampirkan surat-surat administrasi yang ditujukan kepada pihak perusahaan asuransi. Biasanya, proses dan penggantian dana berlangsung selama tujuh hari kerja.

Sementara itu, untuk sistem provider, Anda cukup menunjukkan kartu keanggotaan asuransi kepada pihak rumah sakit. Biasanya, daftar rumah sakit atau klinik berobat telah disepakati dari awal. Ikutilah program asuransi kesehatan secara kolektif, karena beban premi yang dibayarkan akan jauh lebih murah. Untuk itu, Anda dapat mengajak keluarga atau sanak saudara dekat untuk mengikuti program ini. Atau mungkin, Anda dapat mengajak teman dekat atau rekan kerja, jika perusahaan tempat Anda bekerja tidak menjamin asuransi kesehatan.


4. Berkomitmen Membayar Tagihan Asuransi Kesehatan

Sesudah memilih asuransi kesehatan yang Anda rasa sesuai di semua aspeknya, jangan lupa untuk menepati kesepakatan di perjanjian. Pastikan juga Anda membayar premi asuransi setiap bulannya, atau sesuai kesepakatan. Jika Anda kepala keluarga, pastikan juga Anda mendaftarkan asuransi untuk seluruh anggota keluarga. Berapa pun usianya, Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan.


Pentingnya Asuransi Kesehatan

Jadi, sesudah membaca hal-hal penting yang harus diketahui mengenai asuransi kesehatan, Anda sadar kan betapa pentingnya untuk memiliki jenis asuransi ini di kehidupan Anda? Hari ini sehat, namun kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, kan? Itulah tujuan dasar dari mempunya asuransi kesehatan. Lebih baik berjaga-jaga dan mencegah, daripada terjadi kejadian tak terduga dan harus mengeluarkan biaya tinggi untuk hal darurat.

Oya, sebelum Anda memutuskan mencari asuransi kesehatan terbaik untuk Anda dan keluarga, coba lihat juga Tips Bagaimana Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat berikut ini.


About the Author

Betty Deanira

Author & Editor

Praktisi edukasi keuangan profesional yang bertujuan memberikan pencerahan akan pentingnya kemampuan mengelola pengeluaran dikalangan masyarakat dalam upaya mewujudkan hidup sejahtera.

0 comments :

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *


iklan

 

Copyright © Betty Deanira . All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com